PENGGUNAAN STRATEGI PQ4R (PREVIEW, QUESTION, READ, REFLECT, RECITE, REVIEW) TERHADAP PENINGKATAN KOGNITIF SISWA PADA KONSEP SISTEM KEKEBALAN TUBUH DI KELAS XI MA MAFATIHUL HUDA KASUGENGAN KIDUL KECAMATAN DEPOK KABUPATEN CIREBON

BAB I 
PENDAHULUAN
 A. Latar Belakang Masalah
Pendidikan merupakan suatu kebutuhan pokok setiap manusia yang hidup di dunia ini, karena pendidikan manusia akan memperoleh arahan dan tujuan hidupnya di samping itu pendidikan akan membawa kepada derajat kemanusiaannya.
Secara rinci tujuan yang ingin dicapai oleh pendidikan tercantum dalam tujuan pendidikan seperti yang dijelaskan dalam Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional (2003: 6) bahwa :
“Tujuan Pendidikan Nasional adalah untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.

Tujuan pendidikan Nasional tersebut merupakan tugas dan tanggung jawab yang cukup berat, kerena tujuan-tujuan itu harus dijabarkan lebih jauh lagi ke dalam jenis-jenis dan jenjang pendidikan yang lebih rinci, dan disusun ke dalam sebuah kurikulum yang akan menjadi landasan kerjanya, serta dilaksanakan atau dijabarkan ke dalam bidang studi.
Untuk melaksanakan tujuan-tujuan tersebut secara formal adalah merupakan tanggung jawab guru di sekolah. Untuk membantu dalam mencapai tujuan pendidikan tersebut. Di samping keterampilan pengetahuan yang ia miliki, ada juga hal yang dapat membantu tercapainya tujuan itu, yaitu media pengajaran.
Pemilihan suatu metode sangat mempengaruhi hasil belajar siswa dalam mengikuti dan menerima pelajaran khususnya peningkatan ranah kognitif. Oleh karena itu, seorang pendidik harus mengetahui dan menguasai bermacam-macam metode dalam mengajar serta mengetahui kriteria pemilihan metode dalam mengajar.
Metode pengajaran merupakan bagian yang integral dalam proses pendidikan di sekolah, karena itu merupakan suatu bidang yang harus dikuasai oleh setiap guru profesional (Hamalik, 1989: 1). Metode Pengajaran ini telah mengalami kemajuan dan perkembangan yang pesat sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dan telah ditafsirkan secara luas serta mempunyai fungsi yang luas pula.
Akan tetapi, dalam melaksanakan kegiatan belajar-mengajar, pada umumnya guru menggunakan metode secara sembarangan. Penggunaan metode secara sembarangan ini tidak berdasarkan pada analisis kesesuaian antara tipe isi pelajaran dengan tipe kinerja (performansi) yang menjadi sasaran belajar. Padahal keefektifan suatu metode pembelajaran sangat ditentukan oleh kesesuaian antara tipe isi dengan tipe performansi. Gagne dan Briggs dalam Trianto (2007: 146) mengatakan bahwa suatu hasil belajar memerlukan kondisi belajar internal dan kondisi belajar eksternal yang berbeda. Sejalan dengan ini, Degeng dalam Triyanto (2007: 147) menyatakan, suatu metode pembelajaran seringkali hanya cocok untuk belajar tipe isi tertentu di bawah kondisi tertentu. Hal ini berarti bahwa untuk belajar tipe isi yang lain di bawah kondisi yang lain, diperlukan metode ataupun strategi belajar yang berbeda.
 Sebagai wujud atas keprihatian terhadap masalah proses pembelajaran yang cenderung monoton dan menjenuhkan siswa, sehingga diduga berdampak terhadap rendahnya minat dan motivasi siswa dalam belajar, sehingga perpengaruh pula terhadap prestasi belajar siswa, termasuk di dalamnya ranah kognitif siswa pada mata pelajaran Biologi di Madrasah Aliyah Mafatihul Huda. Maka untuk mengatasi masalah tersebut berbagai strategi belajar telah diterapkan, salah satunya melalui strategi belajar PQ4R. Strategi belajar PQ4R merupakan salah satu bagian dari strategi elaborasi. Strategi ini digunakan untuk membantu siswa mengingat apa yang mereka baca, dan dapat membantu kegiatan membaca buku, dengan harapan dapat meningkatkan hasil belajar siswa, khususnya ranah kognitifnya.
(Untuk memperoleh data lengkapnya dari Bab 1-5, dapat menghubungi 087829600755)

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar